Selasa, 26 Januari 2016

LANGKAH-LANGKAH KECIL (1)


Selesai juga nyapu, ngepel dan ngelap-ngelap. Rutinitasku setiap hari di tempat kerja. Kadang juga aku harus nyikat WC. Tapi itu harus dilakukan dengan "semangat!" (teriak dalam hati). Sebenarnya apa sih kerjaanku? Nanti saja itu dibahasnya, ya. Sekarang mau bahas yang lain.

Setelah sempat blank, akhirnya ingat, kali ini mau bahas soal kuliahku yang akhirnya KELAR (menghembuskan napas panjang). Aku masuk kuliah tahun 2011 dan lulus tahun 2015. Udah itu aja? Enggak dong. Sepanjang tahun itu penuh asam, manis, pedas dan asin. Pahitnya juga ada. Dulu sempat nanya pada diri sendiri, "Apa bisa yah melewati ini?" Tapi akhirnya, "Tarraaa!" Bisa lulus juga tepat waktu. Yang menarik bagiku adalah aku daftar kuliah 'lagi' setelah bertahun-tahun mesti ngumpulin uang yang sampai saat mutusin daftar kuliah pun gak kumpul juga dengan kerja sana-sini. Tapi akhirnya nekad juga. Karena kalo ditunggu uang kumpul, mau sampe kapan? Mungkin karena kurang jago mengelola uang juga. Sementara usiaku makin menua (ngaca sambil merhatiin keriput di ujung mata). Rambutku kini seperti ketumpahan bunga jambu, mulai memutih dengan agak masif.

Tujuan awalku kuliah awalnya untuk meningkatkan status sosial. Tau sendiri kan di beberapa perusahaan gaji itu salah satu penentunya adalah titel, kadang mengesampingkan skill. Kalo aku saat itu titel gak punya, skill juga pas-pasan, sampe bilang gini, "Apa yang mau diharapkan?" Walaupun seiring berjalannya waktu, akhirnya aku mulai menemukan jati diriku. Yang dulu sempat kepikiran, tapi karena masih samar-samar, jadi galau deh.

Salah satu inspiratorku untuk kuliah adalah temanku Maulana. Thanks, Bro! Dulu pernah satu tempat kerja di toko hp yang banyak di mal-mal. Saat tau dia sudah kuliah langsung bertekad, "Gue juga bisa!" Setahun kemudian aku daftar kuliah. Itu pun test gelombang terakhir karena masih bimbang, terutama soal biaya sama jam kerja shift. Walaupun ambil kuliah malem, tapi namanya kerja shift ya bisa masuk pagi atau siang tergantung jadwal. Tapi untung teman-teman kerjaku baik semua, bisa tukar shift.

Bersambung......

Tidak ada komentar: